NARSIS ITU PERLU!

Jika melihat parade foto diri, saya tersenyum. Narsis! He...he...he, siapa yang mengira foto-foto di atas adalah jelmaan gadis kuper berkacamata sejak SMP, puluhan tahun lalu. Yah itulah saya. Gadis introvert yang tidak percaya diri karena merasa tidak cantik.

Kok bisa merasa tidak cantik? Ya, jika kamu dilahirkan sebagai anak ke 7 dari 11 bersaudara yang semuanya perempuan. Saya merasa saya tidak cantik dan saya paling enggan di foto. Parade foto pada tulisan ini, diambil dalam rentang waktu 2011-2012.

Fot-foto itu diambil dari berbagai kegiatan. Buat saya narsis bukan sekedar foto tapi ambil bagian dalam setiap kegiatan. Menjadi berarti ditengah banyak orang itulah narsis bagi saya. Karena saya memahami narsistik sebagai "berada dimana-mana untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain".


Percaya atau tidak percaya, usia saya sudah mau kepala 5. Tahun ini saya akan genap berusia 48 tahun. saya bangga dengan jumlah usia saya.  Saya bangga dengan perubahan warna rambut. Bias-bias putih mulai mencuat di kepala. Saya pikir, sebuah proses alami yang mau tidak mau akan saya lalui.

Gambar-gambar atau foto-foto yang terpampang diambil saat saya mengikuti berbagai kegiatan baik dengan Kumpulan Emak Blogger maupun dengan keluarga dan kawan-kawan pencinta olahraga. Dulu untuk menghabiskan energi dan melupakan kalau saya tidak cantik, saya menghabiskan waktu di lapangan basket. tapi Tuhan rupanya sayang sama saya. Kulit saya tidak berubah cokelat gelap walau berjam-jam dilapangan.

Apa yang terlihat di gambar adalah jelmaan saya ketika saya menemukan arti cantik yang sesungguhnya. Suami saya tidak pernah megatakan saya cantik, saya dan dia sama-sama tahu cantik bukan kriteria saya. Tapi dengan meningkatkan kemampuan, akhirnya saya berani berada di mana-mana untuk berbagi pengetahuan yang saya punya.  Bukan hanya berbagi tapi saya juga menyediakan hati dan telinga untuk mendengar. Alhasil saya merasa berguna dan efeknya, saya berani berada di mana-mana karena saya tahu saya bisa berbuat sesuatu.

Saat ini saya sudah menjadi istri dan ibu rumah tangga sepenuhnya, setelah selama 18 tahun berkarir. Dalam rentang waktu 18 tahun, saya sudah keliling 30 propinsi dan lebih dari 200 kota propinsi dan kabupaten. Narsis yah? Tidak apa-apa, GA inikan seputar narsis. Saya bersyukur diberi kesempatan saat ini mengurus, melayani dan mengabdi kepada suami dan dua anak Walaupun sudah tidak bekerja di perusahaan/instansi tertentu, saya masih tetap membangun jaringan silahturahmi pada banyak orang dan institusi guna menjaga keleluasaan akses informasi.

Jadi ada di mana-mana dan tampil ambil bagian bukan karena saya cantik dan ingin di foto. Terekam dalam gambar hanya bagian kecil dai narsis versi saya. Pada akhirnya saya menyadari narsis itu perlu untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan. Karena saya meyakini, saya akan malu kalau berada di mana-mana tapi tidak berbuat seuatu yang berguna. Untuk melakukan sesuatu yang berguna, saya harus meningkatkan kemampuan diri. Dengan kemampuan diri yang baik, rasa percaya diripun dengan sendirinya akan meningkat. Saat saya tersenyum, saya percaya saya cukup menarik untuk diabadikan dalam foto. Jadi narsis itu memang perlu!



Postingan ini diikut sertakan pada  Narsisis-Artistik Giveaway. l

5 comments:

  1. mak, sapa bilang dirimu nggak cantik? cantik lagi!

    " kamu cantik-cantik dari hatimuu....uuu.." pas banget sama lagunya chibii.. :)
    moga sukses GA-nya ya..,mmuuuah !

    ReplyDelete
  2. Iya, cantik kok mbak ^^
    Mau dong ke 30 provinsi, hihihi
    Makasih ya mbak dah ikutan ^^

    ReplyDelete
  3. wah wah wah,nyata benar narsisnya hehehehe

    ReplyDelete
  4. bener2 narsis nihh emak,,kayaknya saya perlu belajar sama amak.

    ReplyDelete